Selasa, 16 Januari 2018

Cara Partisi SD Card Menggunakan HP Android Kamu

Cara Partisi SD Card yang paling mudah adalah dengan menggunakan smarphone kamu sendiri tanpa repot membuka laptop atau PC. Cara ini tentunya lebih simple karena tidak membutuhkan alat-alat tambahan lainnya yang pasti hanya akan menambah ribet saja. Dalam tulisan ini kamu akan dipandu untuk membuat partisi sebuah SD Card atau Micro SD sampai bisa. Jadi, silahkan baca terus sampai akhir ya..

Ilustrasi Cara Partisi SD Card
Dalam praktek cara bikin partisi SD Card ini Admin akan menggunakan aplikasi Android bernama AParted yang bisa kamu unduh langsung via Playstore di tautan ini. Tapi sebelum mengikuti langkah-langkahnya, hal-hal yang wajib kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat backup isi kartu SD yang akan kamu bikin partisi, karena proses partisi akan menghapus semua data yang ada di sebuah SD Card.
  2. Tentukan jenis partisi apa saja yang akan dibuat. Ini penting karena harus tau dulu tujuan partisi itu untuk apa? Admin sendiri dalam praktek kali ini akan membuat 2 partisi yaitu satu partisi dalam format FAT32 untuk menyimpan file-file biasa seperti foto, MP3, video dan lain-lain. Partisi kedua yang akan Admin bikin berformat EXT2 untuk menyimpan file-file dari aplikasi yang telah terinstal di smartphone.

Cara Partisi SD Card Dengan AParted 

Berikut langkah-langkah yang dilakukan setelah aplikasi AParted berhasil kamu download dan pasang di smartphone.

1 - Pertama-tama kamu masuk ke menu Pengaturan dulu, terus pilih Penyimpanan dan selanjutnya pilih Lepaskan kartu memori. Ingat ya, step pertama ini harus dilakukan sebelum membuka aplikasi AParted tadi.

2 - Langkah kedua silahkan buka aplikasi AParted-nya, kemudian setelah terbuka, pada tab create,  tap tombol + yang berwarna hijau. Karena dalam contoh ini Admin akan membuat dua partisi sekaligus, maka Admin menekan tombol + tersebut dua kali dan partisi pun terbentuk sebanyak dua buah.

3 - Selanjutnya atur kedua partisi yang telah terbentuk sesuai dengan kebutuhan. Silahkan atur format dan kapasitas masing-masing partisi sesuai selera. Jangan lupa cek di bagian "format" apakah sudah tercentang atau belum? Posisinya harus dalam kondisi ter-ceklist.

4 - Jika sudah ditentukan format dan kapasitasnya, langkah terakhir silahkan klik Apply.

Cukup gampang 'kan Cara Partisi SD Card tersebut? Sekali lagi sebelum kamu mempartisi kartu SD punyamu, silahkan di-backup dulu isinya agar tidak hilang ditelan bumi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar